5 Destinasi Wisata Bangka Belitung Bikin Kamu Susah Move On

wisata bangka belitung

Selain memiliki wisata kuliner yang terkenal akan kelezatanya, kepulauan Bangka Belitung juga mempunyai destinasi wisata yang cantik dan menarik dan layak di jadikan list liburan kamu nanti. Saat nanti sudah nggak ada lagi virus corona yaa!

Baca Juga:  Sekali Dayung, Lima Pulau Terlampaui [Bacaan 17+]

Jalan-jalan memang gak melulu harus ke pantai lhoo! Di provinsi kepulauan Bangka Belitung, kamu bisa mengunjungi sejumlah tempat yang gak kalah keren, indah, menarik dan seru dari daerah lain pastinya. Kemana aja sih?

1. Danau Kaolin

Danau Kaolin merupakan tempat wisata Bangka Belitung yang wajib disinggahi oleh wisatawan. Kamu bisa liat indahnya warna air biru Danau Kaolin yang dulunnya bekas galian tambang timah. Selain itu, kamu juga bakal dibuat terpana dengan air danaunya yang berwarna hijau pada sisi sebelahnya. Danau Kaolin ini jaraknya sekitar 70 kilometer dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang, dan hanya perlu waktu sekitar  satu jam perjalanan.

2. Bangka Botanical Garden

Kira-kira apa yang menarik dari tempat ini ya? Selain spot foto yang asik dari pemandangan pohon pinus yang menjulang tinggi dan indah, nyatanya ada beberapa hal menarik yang buat kamu wajib datang ke sini.

Kawasan Bangka Botanical Garden (BBG) ini kamu bisa menikmati suasana damai nan sejuk, sekaligus belajar tentang usaha pertanian, peternakan, dan perikanan terpadu secara organik yang sudah berjalan dengan baik di tempat ini.

Baca Juga:  Pesona Danau Ampar di Bangka Belitung

Apalagi letaknya cukup strategis, bersebelahan dengan pantai Pasir Padi, dan mudah dijangkau dari pusat kota Pangkalpinang. Bangka Botanical Garden merupakan suatu icon agrowisata di Bangka Belitung yang tujuannya untuk menyeimbangkan lingkungan dari penggunaaan tambang timah secara besar-besaran di pulau ini.

3. Gunung Menumbing

Menyusuri wisata Bangka Belitung, kamu wajib lihat langsung seperti apa tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta oleh Belanda pada tahun 1948 silam. Tempat tersebut berada di dalam Gunung Menumbing, dengan ketinggian sekitar 355 mdpl.

Saat masuk ke dalam, kamu akan melihat ruangan yang dulu digunakan untuk rapat Bung Karno dan Bung Hatta, mobil Ford yang jadi kendaraanya saat berada di pulau ini, kamar tidur mereka, hingga lonceng tua yang konon digunain untuk memanggil tentara Belanda berkumpul saat itu.

4. Air Terjun Sadap

Di belahan hutan Bukit Pading ini, mengalir air bersih dan sejuk melalui batu-batu granit besar setinggi sekitar 8 meteran. Di bawahnya, ada kolam berdiameter enam meter dengan batu coklat kehitaman. Mungkin banyak yang belum tau kalau di Pulau Bangka ada destinasi wisata air terjun, yang airnya sejuk banget.

Namanya Air Terjun Sadap, letaknya di dusun Sadap, desa Perlang, kecamatan Lubuk Besar, kabupaten Bangka Tengah, provinsi kepulauan Bangka Belitung. Konon sumber airnya berasal dari danau besar yang terbentuk secara alami yang berada di puncak bukitnya lhoo!

Baca Juga:  Menjelajah Pulau Leebong Cantik Memesona

5. Mangrove Munjang

Keindahan alam lain dari  destinasi wisata di Bangka Belitung adalah mengunjungi Mangrove Munjang.  Letaknya di Kurau Barat, Koba, kabupaten Bangka Tengah, kepulauan Bangka Belitung. Nah, demi menstabilkan keindahan pulau di Bangka Belitung, kawasan mangrove ini berperan untuk mencegah dari ancaman abrasi pantai.

Di sini kamu bisa menelusuri hutan Mangrove Munjang dengan menyewa boat, hingga menaiki beberapa fasilitas seperti jembatan gantung dan sepeda gantung, yang bisa untuk foto selfi kamu jadi keren abizz!