Sekali Dayung Lima Pulau Terlampaui [Bacaan 17+]

Hooping Islands Tour
Berita Pariwisata, Berlibur ke Belitung, Hooping Islands, Tour Hooping Islands, Lokasi Wisata, Media Pariwisata, Pariwisata di Indonesia, Pariwisata Indonesia, Pilihan Liburan, Pulau Batu Berlayar, Pulau Burung, Pulau Kepayang, Pulau Lengkuas, Pulau Pasir Belitung, Rekomendasi Liburan, Rekomendasi Tempat Wisata, Situs Pariwisata, Warta Wisata, Website Pariwisata, Wisata Laut, Wisata Pantai, Wisata Pulau, Berita Kemenparekraf, Berita Menteri Wishnutama, Berita Kementerian Pariwisata, Artikel Wisata
Foto: @Letsgobelitung

Artikel berkode ‘R(Restricted)’ Terbatas. Redaksi perlu mengingatkan, anak-anak berusia di bawah 17 tahun membutuhkan pendampingan orangtua, orang dewasa saat membaca. Tulisan mengandung konten dewasa seperti aktivitas orang dewasa, bahasa, fotografi, grafis dan video, maupun sejenisnya. Peruntukan usia pembaca dewasa.

Baca Juga:   Menjelajah Pulau Leebong, Cantik Memesona

PariwisataIndonesia.id – Sobat Pariwisata, berbicara wisata bahari, Pulau Belitung juaranya. Berlibur ke Pulau Belitung suguhkan keindahan pulau yang asri dan pesonanya mengagumkan.

Baca Juga:  Danau Kaolin Belitung

Beberapa pulau diantaranya, bahkan tidak berpenghuni. Membuat pengunjung bebas untuk eksplorasi, serasa di pulau pribadi. Pulau-pulau ini bisa Sobat Pariwisata jadikan destinasi untuk wisata hooping islands.

Pengen tahu pulau-pulau mana saja yang jadi rekomendasi, berikut daftarnya.

1. Pulau Lengkuas

Pulau ini terletak di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang. Selain keindahan alam, Pulau Lengkuas menawarkan wisata sejarah berupa mercusuar setinggi lebih dari 50 meter yang merupakan bangunan peninggalan Belanda dari tahun 1882.

Baca Juga:  Wajib Dikunjungi saat di Kepulauan Bangka Belitung

Pulau ini hanya dihuni oleh lima orang termasuk para penjaga mercusuar.

Di sekitar pulau ini juga terdapat bangkai kapal Indomarine yang tenggelam pada tahun 1999 dan saat ini telah menjadi rumah bagi terumbu karang dan biota laut lain. Lokasi ini menjadi salah satu spot favorit para diviers, loh!

Baca Juga:  5 Destinasi Wisata Bangka Belitung Bikin Kamu Susah Move On


2. Pulau Pasir Belitung

Pulau ini berupa gundukan pasir yang berada di tengah laut. Masyarakat Belitung lebih sering menyebutnya dengan nama Pulau Pasir Gusong (Gosong). Uniknya, Sobat Pariwisata hanya akan menemukan pulau ini saat air laut sedang surut atau sekitar tengah hari. Karena saat pasang, pulau ini akan tenggelam dan tidak tampak di permukaan.

Air di sekitar Pulau Pasir Belitung ini cukup dangkal dan jernih. Sobat Pariwisata bisa dengan mudah menemukan bintang laut di sekitar perairan ini. Namun, jangan dibawa pulang, ya. Biarkan hewan-hewan itu hidup di habitatnya dengan damai.


3. Pulau Kepayang

Pulau seluas 12 hektar ini berada sekitar 2 kilometer dari Pantai Tanjung Kelayang. Air laut yang jernih, pasir putih yang membentang, berpadu dengan batu granit yang akan membuat lanskap mengagumkan.

Baca Juga:  Pesona Danau Ampar di Bangka Belitung

Di perairan sekitar, Sobat Pariwisata bisa melakukan diving atau snorkeling dan berjumpa dengan penyu sisik dan ikan napoleon yang langka.

Di pulau ini juga terdapat destinasi ekowisata berupa penangkaran penyu sisik, loh. Selain itu juga terdapat tempat tranplantasi terumbu karang. Gimana? Penasaran, kan?


4. Pulau Batu Berlayar

Sama seperti Pulau Pasir Belitung, Pulau Batu Berlayar ini hanya bisa Sobat Pariwisata temukan saat air laut sedang surut. Biasanya, pengunjung akan datang saat sore hari.

Dari kejauhan, Sobat Pariwisata hanya akan melihat gundukan pasir dengan batuan granit yang berjejer di atasnya. Batuan ini bisa mencapai tinggi hingga 10 meter, loh. Batuan-batuan ini menjulang seperti sebuah layar.

Selain jejeran batu-batu granit, Sobat Pariwisata juga bisa melihat banyak ubur-ubur transparan dan ikan-ikan yang berenang di air laut yang jernih. Rasanya begitu lepas liburan di Pulau Batu Berlayar.


5. Pulau Burung

Pulau Burung atau Pulau Burong ini memiliki luas 2 hektar. Selain pasir putih yang mengelilingi pulau, juga terdapat banyak batuan granit di sekitarnya. Batuan ini memiliki ukuran yang beragam serta bentuk yang beraneka. Salah satu yang paling menarik adalah batu yang berbentuk seperti burung yang sedang mengerami telur. Batu inilah yang menjadi asal-usul penamanan Pulau Burung oleh masyarakat.

Di pulau ini, Sobat Pariwisata bisa beristirahat sejenak, karena terdapat beberapa bungalow dan air bersih untuk memfasilitasi para pengunjung.

Demikian 5 pulau yang bisa Sobat Pariwisata kunjungi saat melakukan hooping islands tour di Kepulauan Belitung. Jaraknya yang berdekatan membuat Sobat Pariwisata bisa mengunjunginya dalam waktu satu hari. (Nita/Kusmanto)

Ini sih namanya:  “Sekali mendayung lima pulau terlampaui…”