Mendaki Gunung Mirip Berjalan di Atas Awan

Keindahan dunia? Apa yang bro ketahui tentang dunia ini, tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan apa yang dimiliki alam semesta. Bro akan tersadar bila sudah berada di puncak gunung manapun. Dan mengerti kehidupan ini, menampar kesadaran. Pencapaian prestasi dan menikmati kebahagiaan, semua butuh proses tuk mencapai. Tak sedikit onak duri menghadang meski kadang teramat sulit dilalui. Hutan belantara berhasil di terjang. Namun sukses naik gunung bukan pas di puncak gunung Halau-halau. Bukan itu bro! Selamat dan kembali berkumpul bersama keluarga tercinta di rumah. Pribadi makin sabar. Bersikap pun rendah hati disertai rasa penuh syukur. Itulah, sukses brother usai pendakian dimanapun. Cobain deh gunung Halau-halau di momen Hari Pahlawan 10 November nanti.
Puncak Halau Halau, Pariwisata Kalimantan Selatan, Pecinta anak gunung, Hobby anak gunung, pendakian gunung halau halau, gunung halau halau, wisata gunung, Situs Pariwisata, Media Pariwisata, Website Pariwisata Indonesia, Berita Pariwisata, Berita Kemenparekraf, Kabar Berita kepada Menteri Pariwisata, Berita Menteri Pariwisata, Wisata Budaya dan Sejarah, Wisata Edukasi, Jelang Hari Pahlawan, Wisata Tanah Air, Wisata Tanah Air, Jelajah Indonesia, Indonesia Tourism, Rekomendasi Jalan-jalan Asik, Warta Wisata, Kabar Indonesia, Tempat Asik Liburan, Situs Pariwisata Indonesia, Pariwisata, Pariwisata dan Pariwisata, Indonesia Tourism, Pesona Indonesia, Media Pariwisata Terfavorit, Media Pariwisata Indonesia, Explore Indonesia, Jelajah Indonesia, Media PVK, Umi Kalsum Founder Media PVK, Berita Pariwisata Terkini, Kumpulan Berita Pariwisata Hari Ini, Wisata Alam Indonesia, Rekomendasi Wisata Alam Terfavorit, gunung indah di kalimantan, wisata gunung dan adventure, indonesia dan indonesia, indonesia terkini, lokasi pendakian gunung terfavorit
Puncak Gunung Halau-halau

Brother, nggak salah jika datang ke Kalimantan Selatan(Kalsel) tujuan trekking maupun hiking. Saat ini, Kalsel terkenal dengan sebutan gunung " meratus", artinya: Disini gunung beratus-ratus banyaknya. Menelisik campaign tadi itu, berasal dari rekam digital unggahan anak-anak pecinta alam lokal.

Mereka yang paling banyak berperan dalam mempromosikan wisata gunung disini

Betapa indah dan eksotik panorama puncak gunung di Provinsi Kalimantan Selatan. Sikap cinta tanah air dan rasa bangga sebagai putera daerah, mereka share-share fotonya. Maksudnya apa?, masyarakat dunia perlu tahu, Kalsel pun memiliki anugrah alam yang wajib buat dikunjungi. Keren, bantu brother. Support mereka yuk!

Berkat mereka brother, kemolekan dan kemahsyuran gunung-gunung meratus, seperti gunung Kahung, gunung Lima, gunung Walungan dan gunung lainnya bisa tersebar luaskan.

Sungguh cantik dan memesona deretan gunung di Kalsel.

Salah satu contoh, ada di postingan netizen@dennygunawan_, ini loh jalur ke gunung Halau-halau.

Brother cobain wisata gunung Halau-halau, salah satu gunung tertinggi di Kalimantan Selatan. Berada di ketinggian 1.901 mdpl, terletak di perbatasan tiga kabupaten. Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupatan Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Sayang banget brother pecinta gunung jika belum coba.

Rekomendasi buat brother di momentum Hari Pahlawan 10 November nanti. Abadikan momen sejarah bangsa dan sikap nasionalisme brother merayakan Hari Pahlawan di puncak Gunung Halau-halau. Seru brother, cobain deh.

Postingan foto netizen@nison_prstyo memberikan inspirasi. “Keren mas bro.”

Brother, kondisi gunung Halau-halau masih terjaga keasliannya. Analisa ini berdasarkan dari jenis pohon yang banyak tumbuh di hutan-hutan. Saat menuju puncak gunung akan memasuki hutan heterogen. Kesuburan hutan karena iklim di Kalsel dikategorikan hujan tropis.

Hutan heterogen adalah hutan yang ditumbuhi beragam pohon-pohon besar, usianya bisa ratusan tahun. Hutan heterogen atau sebut ajalah hutan rimba, ditumbuhi pohon-pohon besar yang segede gaban, tidak semua hutan di Indonesia seperti disini loh.

Brother 100% hutan ini terlihat seperti hutan rimba. Sangat wajar brother, jika Indonesia percaya diri dan mengatakan negara penyumbang ozon terbesar di dunia. Hutan ini aset bangsa. Semua pihak wajib menjaga, memelihara dan melestarikan bumi Indonesia. Indonesia sungguh keren.

Brother, satu lagi alasan Indonesia menjelaskan kepada dunia soal ozon. “Menjelaskan apa?” Ozon di dunia diperoleh dari negara Indonesia.

Tepatnya, keseimbangan iklim di muka bumi, negara Indonesia menopang itu. Merah Putih menyumbangkan stabilizer pemanasan global. Indonesia termasuk produsen ozon terbesar untuk alam semesta. Brother harus bangga jadi anak Indonesia.

“Buktinya apa?” Ini penjelasannya. Hutan-hutan di Indonesia, termasuk sungai, pegunungan dan perbukitan, serta lautan maupun danau-danau hingga sungai di Indonesia turut membantu pendinginan iklim di muka bumi.

“Apa faktor iklim tidak menentu?” Faktornya karena gas dari karbon kendaraan. Proses produksi yang melakukan pembakaran, diamati aja pabrik yang memakai cerobong. Dan meletusnya gunung maupun lelehan es di Greenland. Semua itu yang menghangatkan suhu dunia, iklim jadi tak menentu.

Brother dampak dari semua ini, panasnya matahari terasa makin-makin. Ngeri kan, bro?

Jika ini terus terjadi di dunia, iklim makin nggak menentu brother.

Efek rumah kaca menambah dorongan yang turut memanaskan lapisan stratosfer. Pantulan efek rumah kaca bisa timbulkan radiasi sinar inframerah dari bumi. Lalu memerangkap panas ke lapisan troposfer. Jika lapisan ozon tipis, ozon tidak dapat menjalankan fungsinya secara baik. Bumi ini akan mengalami perubahan iklim secara drastis. Dalam kurun waktu tertentu terjadi perubahan pada suhu bumi, curah hujan, dan pola angin.

“Stop!”

“Artikel bukan mengulas ozon!”

Ini pengantar. Brother kelak memasuki jalur pendakian, tidak terkaget-kaget.

Skip aja,ย lanjutkan lagi cerita pendakian ke gunung Halau-halau.

Medan ke puncak gunung Halau-halau akan seperti itulah.

Influencer, dan fotografer yang kerap membuat konten@hendriwlsss. Dalam postingan di akun instagram, Hendri terlihat menikmati dan salurkan bakatnya.

Kurang lebih filosofi foto dalam postingan@hendriwlsss, “Yuk, naik gunung Halau-halau!,” Mungkin, ya. Ini sekedar tebakan, tebak-tebak buah manggis.

Subhanalloh, tak bisa berkata-kata lagi. Memang rasanya mirip permen nano-nano. Semua itu terbayar kok. Dinikmati aja hingga brother sampai di puncak. Sensasi puncak gunung tiada duanya, dan tak ada kata-kata indah untuk bisa mewakili pesona puncak gunung di manapun tak terkecuali puncak gunung Halau-halau. Dahsyat, luar biasa!

Ada ajakan dari pendaki cantik, “HAI GAES ADVENTURE~ . Mt. Halau-Halau, south borneo,” tulis@hafyong dalam postingan di video ig. “Mantap kali, kak!’

Pesan buat pendaki pemula dan berlaku bagi semua pendaki, jangan buang sampah baik menuju dan saat turun. Mari jaga kebersihan alam ini dengan tidak membuang sampah.

Brother pendakian puncak gunung Halau-halau banyak hal harus di persiapkan.ย Jalur menuju gunung Halau-halau menantang stamina.

Ini fisik brother, jangan-jangan bro malah ‘terkehek-kehek’ dan bikin repot semua orang.

Wajib dan harus ada pemandu. Siapkan dulu latihan fisik.

Pembiasaan stamina bro. Persiapan awal lakukan joging rutin. Berkala aja mulai dari jarak 5-15Km. Ini penting dan sangat membantu. Fisik, stamina dan mental perlu dikuatkan.

Pendakian ini pastikan membawa kotak p3, perbekalan lain yang juga menemani perjalanan seperti sleping bag, pakaian hangat dan sanitizer maupun tisu basah. Semua harus safety.

Berikutnya, ikuti dan patuhi protokol kesehatan hiking dan trekking ditengah pandemi juga agar memperhatikan panduan lokal dari pengelola setempat.

Jangan abai, mereka lebih paham medan.

Ilustrasi foto dari netizen@muhammad_rizki_ihwan, saat menerjang sungai. Ini penggalan kisah pendakian gunung Halau-halau.ย Brother, rasakan air sungai membasahi kaki. Percikan ke wajah juga bikin segar. Ini baru adventure, mainkan!”

Jaga kealamian alam, dengan tidak berkata kasar, apalagi sombong. Ampun, tolong brother. Mohon untuk tidak melakukan itu.

Baek-baek ajalah. Ada tokoh masyarakat disini, bisa disebut orang tua ‘sesuatulah,’ ia punya pengaruh bro. Akrab dipanggil ‘tutuha’ dengarkan aja petatah petitih jika orang ini masih berumur, ya. Sebab redaksi belum meyakini lagi akan keberadaan bersangkutan. Semoga sehat-sehat dan berumur panjang.ย 

Foto tambahan melengkapi, dari teman pecinta alam lokal. Unggahan repost@ariw4. ‘Mantap!’

Brother, menuju puncak gunung Halau-halau di suguhi keaslian hutan belantara.

Lewati jalur sungai, ajib. Keren abiez brother.

Berasa hidup makin terasa hidup.

Keanekaragaman hayati berlimpah ruah, seperti Meranti Putih, Meranti Merah, Medang, Guranggang dan segudang keindahan brother. Semua jika beruntung brother akan menjumpai.

Melintasi alam liar disini terasa merinding dan bikin merenung. Sesungguhnya umat manusia itu kecil sekali, tidak ada apa-apanya. Keteraturan, keharmonisan, dan keindahan alam semesta menunjukan akan adanya Sang Pencipta.

Keindahan dunia? Apa yang bro ketahui tentang dunia ini, tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan apa yang dimiliki alam semesta. Bro akan tersadar bila sudah berada di puncak gunung manapun. Dan mengerti kehidupan ini, menampar kesadaran. Pencapaian prestasi dan menikmati kebahagiaan, semua butuh proses tuk mencapai. Tak sedikit onak duri menghadang meski kadang teramat sulit dilalui.

Influencer@putriuti_, membagikan postingan di akun instagram. Tampak jelas, pohon Karawiya, penanda pintu gerbang menuju gunung Halau-halau. ‘Ada-ada aja aksi fotonya, parah!’

Disini brother juga akan menemukan fauna yang khas seperti kucing hutan, tupai kecil, dan aneka jenis katak, beraneka kupu-kupu terbang menari-nari, kera ekor panjang, rusa, kijang, dan aneka jenis burung. Burung-burung ini bersuil sahut. Kicauan dalam hutan, penuh kekhasan.

Brother tetap siaga dan harus selalu waspada. Ini alam liar. Pastinya broo juga akan menjumpai Bekantan, endemicnya memang ada di habitat asli, di Kalimantan ini.ย 

Istimewa yang nggak ada di manapun. Saat pendakian gunung Halau-halau agar perhatikan dua hal ini.

Pertama, pohon Karawiya. Menandakan brother udah di jalur tepat. Akses ini mirip pintu gerbang menuju puncak gunung Halau-halau. Gede banget ini pohon. Dan tinggi besar.

Pada bagian bawah berlubang besar bisa dilalui manusia. Pohon Karawiya menurut penduduk Dayak yang tinggal di sekitar pegunungan, dianggap berkeramat. Tampak sisi kiri dan kanan di tumbuhi semak belukar. Kesan horor, tapi brother berperilaku sopan, Insya Allah, tidak terjadi keanehan dan aman itu. Malah banyak pendaki berfoto-foto ria di pintu gerbang itu.

Jangan bilang naik gunung cuma hobby kaum pria. Dalam postingan netizen@tika_oktaviani97 membagikan unggahan bahagianya saat pendakian gunung Halau-halau. “Jiejie. Romantis kak!’

Kedua, gunung Halau-halau sering disebut gunung besar.

Anak-anak gunung Kalsel sebutnya, “Negeri di atas awan,” kata mereka.

Brother seperti berjalan di hamparan awan, sejajar langkah kaki. Nggak ada kata-kata bisa mewakilkan perasaan itu. Habis kata-kata untuk menjelaskan kebahagiaan di puncak gunung Halau-halau. Speechless!

Berdiri di atas sini, luar biasa. Kebahagiaan dari alam ciptaan Tuhan begitu eksotik, memesona.

Anak gunung bilang, “doa cepet terkabul dekat ke langit,” ledek anak-anak gunung gitu.

Tuhan cepat mendengarkan doa. Itu hoax, ada-ada aja. Sekedar guyonan melepas keceriaan di puncak gunung. Dimanapun berdoa pasti di dengarkan Tuhan.ย 

Pesona puncak gunung Halau-halau, ajiiib brother. Mendapati sunrise. Dan panorama hijau membentang sangat cantik kemanapun mata memandang. Malas rasanya turun lagi. Bikin lupa segala-galanya, dan plong.ย Suasana hati beda, pikiran cuma ingin mengucapkan rasa syukur. Dan mengagungkan Nama Tuhan akan ciptaan alam semesta dari atas puncak.

Tampak dalam postingan netizen@majelis_kepo. ‘Teriaklah. Keras-keras mekiknya, kak!’

Ditemani secangkir kopi atau seruput teh hangat, makin mantap.

Rasakan juga kesejukan udara di puncak. Oups, jangan lupa abadikan momen bahagia ini.

Membagikan momen bahagia ini, di share-share. Brother turut mempromosikan pendakian gunung Halau-halau. Anak-anak pecinta alam lokal disini terbantu.

Mewakili pencita alam lokal Kalsel, simbolis ucapkan terima kasih perbuatan amal sholeh brother itu. Hehehe…

Jika brother berkenan saat share-share, sertakan dong #pariwisataindonesiaofficial dan tag ke Ig@pariwisataindonesiaofficial. Pada bagian ini redaksi menyebutnya, nGarepDotCom.

Pikiran terasa lebih damai. Pendakian ini bisa dikatakan terapi bersihkan hati kotor. Disini brother akan menemukan kejernihan hati dan ketulusan jiwa. Sukma positif marasuki pikiran dan kalbu.

Tampak foto ngehits. Ini foto termahsyur menggambarkan pendakian gunung Halau-halau. Jepretan foto, perfecto! Pemilik akun instagram rupanya influencer, traveler, dan profesinya fotografer pro. Ia pun kerap bikin konten. Follow IG@datu_balambika. Fotonya sempurna memberikan pesan keseluruhan pendakian. Lewat foto ini, beneran yakin mendaki gunung Halau-halau?

Hutan belantara berhasil di terjang. Namun sukses naik gunung bukan pas di puncak gunung Halau-halau. Bukan itu brother.

Selamat dan kembali berkumpul bersama keluarga tercinta di rumah. Pribadi makin sabar. Bersikap pun rendah hati disertai rasa penuh syukur. Itulah, sukses brother usai pendakian dimanapun!

Cobain deh gunung Halau-halau di momen Hari Pahlawan 10 November nanti.
(Nita/Kusmanto/Barul)