3 Camilan Ekstrem Papua Penuh Nutrisi, Berani Coba?

3 Camilan Ekstrem Papua Penuh Nutrisi Berani Coba Ulat Sagu

Papua memiliki banyak keunikan yang tidak dimiliki oleh daerah-daerah lain di Indonesia. Sebut saja Puncak Jaya Wijaya yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia dan menyimpan salju abadi padahal terletak di garis khatulistiwa. Papua juga memiliki banyak satwa khas yang tidak di dapatkan di daerah lain di Nusantara, seperti kangguru, kus-kus, cendrawasih, dan kasuari. Wisata di Papua pun tidak lepas dari keindahan lautnya yang disebut-sebut sebagai Surga Kecil di Indonesia.

Selain deretan pesona tadi, Papua juga memiliki camilan khas yang tidak bisa Sobat Pariwisata dapatkan di daerah lain. Cobain camilan ekstrem dan tidak familiar di telinga. Nyatanya makanan-makanan ini punya kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, loh!

Berikut 3 kuliner ekstrem Papua yang sarat nutrisi :

1. Sate Ulat Sagu

Dari namanya, Sobat Pariwisata pasti bisa menebak bahan utama yang digunakan dalam makanan ini. ‘Ya, Ulat sagu!’ Jangan salah, camilan yang satu ini cukup popular di kalangan para wisatawan yang datang ke Papua.

Ulat sagu yang sering ditemukan di pohon yang sudah tua atau lapuk ini menjadi camilan masyarakat Papua. Masyarakat asli Papua yang terbiasa berburu dan menjelajah hutan, biasanya menyantap ulat sagu atau koo, langsung dari pohonnya.

3 Camilan Ekstrem Papua Penuh Nutrisi Berani Coba Ulat Sagu
Sumber Foto: tfamanasek.com

Perpaduan rasa asin dan manis, serta tekstur yang keras di luar tapi lunak di dalam, menjadi salah satu kelezatan dari sate ulat sagu ini. Selain tinggi protein, kuliner ini juga mengandung asam oleat, omega 3, omega 6, dan omega 9. Camilan ini bisa Sobat Pariwisata dapatkan di sekitar Wamena.

2. Cacing Tambelo

Cacing yang memiliki nama latin Bactronophoorus toracites ini konon memiliki rasa seperti daging cumi mentah. Hewan yang termasuk moluska ini bisa ditemukan di pepohonan setengah busuk. Cacing yang memiliki kandungan protein tinggi ini biasa digunakan untuk menambah kejantanan pria.

Cacing Tambelo, 3 Camilan Ekstrem Papua Penuh Nutrisi Berani Coba Ulat Sagu
Sumber Foto: detik.com

Untuk menikmati cacing yang memiliki tekstur dan rasa seperti cumi ini, Sobat Pariwisata harus memotong bagian kepalanya yang memiliki taring. Lalu, membelah tubuhnya untuk mengeluarkan lumpur. Setelahnya, ‘Slurp!’ Cacing tambelo meledak di mulut. Cocok diseruput seperti mie.

Makanan khas Suku Kamoro, Timika ini, bisa Sobat Pariwisata temukan saat perayaan Festival Suku Kamoro. Penduduk Suku Kamoro juga terkadang menghidangkan camilan ini kepada para turis yang sedang berkunjung.

3. Cacing Laut

Para pecinta seafood, boleh cobain kuliner satu ini. Cacing yang menjadi bahan baku dalam camilan ini, memiliki bentuk seperti cacing tanah pada umumnya. Hanya saja, ukurannya lebih panjang, hingga 30-40 cm. setelah matang, rasanya kenyal kenyal gitu. dan alot seperti daging gurita.

Cacing Laut, Cacing Tambelo, 3 Camilan Ekstrem Papua Penuh Nutrisi Berani Coba Ulat Sagu
Sumber Foto: liputan6.com

Kuliner yang menjadi camilan penduduk Kepulauan Ayau ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Bahkan, cacing laut dipercaya bisa meningkatkan kejantanan dan keperkasaan kaum adam.

Sebelum mengolahnya, tubuh cacing ini akan dibelah untuk membersihkan pasir yang ada di dalamnya. Cacing laut ini biasanya diolah dengan cara dibuat sate, digoreng, atau diberi bumbu balado. Namun, jika ingin tahan lama dan membawanya sebagai oleh-oleh, Sobat Pariwisata bisa membeli cacing laut dalam bentuk keripik. Sobat Pariwisata bisa menikmati camilan ini di sekitar Raja Ampat.

Jika Sobat Pariwisata bertualang ke Papua, jangan lupa cobain camilan-camilan ekstrem di atas, ya. Berani coba? (Nita/Kusmanto)

3 Camilan Ekstrem Papua Penuh Nutrisi Berani Coba
Foto: Travel.detik.com